SEKILAS TENTANG STAN DAN SPESIALISASI

STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) 
STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), apa itu STAN? kali ini saya akan membahas topik tentang pendidikan yakni salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) ternama, terpopuler, terfavorit, paling ngetrends di Indonesia. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang berada dalam naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia. Perlu diingat bahwa STAN kampus berplat merah ini tidak pernah terkait dengan yang namanya SNMPTN karena STAN sendiri tidak dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Satu-satunya jalan untuk menjadi Mahasiswa STAN yakni lewat Ujian Saringan Masuk (USM) STAN yang kita kenal saat ini. Tidak ada jalur PMDK, jalur raport, jalur prestasi, jalur Mandiri, dan sebagainya untuk menjadi Mahasiswa STAN. Jadi, prestasi apapun yang kamu miliki entah Juara I Olimpiade matematika nasional, Juara I bulutangkis , dll tidak akan mempengaruhi kamu masuk STAN atau enggak. Yang menentukan kamu masuk menjadi Mahasiswa STAN yaitu hasil USM STAN itu sendiri.
Karena STAN tidak di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka setiap tahun STAN tidak selalu membuka pendaftaran untuk penerimaan Mahasiswa Baru (Maba). Contohnya saja, tahun kemarin STAN tidak membuka pendaftaran penerimaan Maba di tahun akademik 2012/2013.
USM STAN
Informasi pendaftaran penerimaan Mahasiswa Baru STAN 2013/2014 resmi belum diumumkan dari STAN sendiri. Informasi Pendaftaran STAN biasanya diberikan 1 bulan sebelum pendaftaran. Namun, kamu bisa belajar dari pengalaman-pengalaman pendaftaran tahun lalu, dari situ kamu bisa memprediksi kapan STAN biasanya akan membuka pendaftaran untuk penerimaan Maba. Menurut pengalaman pendaftaran STAN tahun sebelum-sebelumnya sih, STAN biasanya membuka pendaftaran setelah Ujian SNMPTN tulis dan setelah ijazah SMA keluar dan telah kamu terima yakni sekitar bulan Juni, Juli, Agustusan. Nggak kayak PTK lainnya seperti Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang pendaftarannya biasanya bisa memakai raport semester terakhir SMA apabila ijazah SMA belum keluar. Namun, tidak ada yang bisa menjamin apakah pendaftaran STAN tahun 2013/2014 akan memakai sistem pendaftaran seperti tahun-tahun sebelumnya yang memakai ijazah SMA/SMK/Sederajat sebagai syarat mutlak untuk dapat mendaftar STAN. Bisa saja penerimaAn STAN tahun 2013/2014 kemungkinan memakai raport semester terakhir SMA/SMK/Sederajat ataupun Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU).
Memang tidak ada yang tahu tentang kepastian pengumuman pendaftaran STAN tahun 2013/2014 tahun ini sebelum ada pengumuman resmi dari STAN maupun Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK). Tentang prasyarat dan syarat pendaftaran STAN biasanya tidak terlalu beda jauh dengan pendaftaran tahun-tahun sebelumnya.
Oh iya, berikut ini adalah spesialisasi (di Universitas namanya “Jurusan”) yang ada di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Spesialisasi tersebut antara lain:
  1. Diploma III Akuntansi;
  2. Diploma III & I Anggaran/Kebendaharaan Negara;
  3. Diploma III & I Pajak;
  4. Diploma III & I Kepabeanan dan Cukai;
  5. Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)/Penilai;
  6. Diploma III Pengurusan Piutang dan Lelang Negara (PPLN);
  7. Diploma III Khusus Administrasi Perpajakan (khusus PNS alumni STAN);
  8. Diploma III Khusus Akuntansi Pemerintah (khusus PNS alumni STAN);
  9. Diploma IV Akuntansi Pemerintah (khusus PNS alumni STAN);
  10. Diploma I Spesialisasi Pegadaian.
Spesialisasi yang di buka setiap tahunnya bisa berubah-ubah, tergantung permintaan dan kebutuhan pegawai dari Kemenkeu atau Kementerian lainnya. Sejauh ini, untuk Prodip I Keuangan (Diploma I) lama pendidikannya satu tahun (dua semester), bertempat di Kampus STAN Jakarta, dan di Balai Diklat Keuangan yang terdapat di delapan daerah, yaitu Medan, Pekanbaru, Denpasar, Pontianak, Palembang, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makassar, Cimahi (Bandung), dan Manado. Untuk Prodip III Keuangan (Diploma III) lama pendidikannya tiga tahun (enam semester), bertempat hanya di Kampus STAN Jakarta.
Pendidikan STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No. 289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI.
Lulusannya wajib kerja selama tiga kali masa pendidikan ditambah satu tahun (3N+1). Lulusan STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Setelah lulus pendidikan dan ditempatkan di instansi-instansi tersebut akan diproses pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan golongan II A untuk lulusan Prodip I Keuangan dan golongan II C untuk lulusan Prodip III Keuangan. Setelah bekerja dan mengikuti Diklat Pra Jabatan Tingkat II akan diproses pengangkatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan Pangkat Pengatur Muda/golongan II A untuk lulusan Prodip I Keuangan dan Pangkat pengatur/golongan II C untuk lulusan Prodip III Keuangan.
Okay, sekian dulu sobat tentang STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), untuk mendapatkan informasi resmi terkait dengan penerimaan STAN dan pengumuman hasil USM STAN, kamu bisa membuka situs www.stan.ac.id, www.bppk.depkeu.go.id/index.php/id/usm-stan, www.facebook.com/usm.stan.ac.id, dan http://twitter.com/usmstan  atau kamu bisa datang ke Kampus STAN pusat di Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, telepon (021) 35999960 – 63.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "SEKILAS TENTANG STAN DAN SPESIALISASI"

Posting Komentar