PENGUMUMAN HASIL SNMPTN 2013

Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan belum melakukan perubahan jadwal publikasi Hasil Kelulusan Snmptn 2013. Baik Panitia Snmptn 2013 (jalur undangan) maupun masyarakat umum masih berpedoman pada jadwal resmi semula yakni tanggal 28 Mei 2013. Adapun isu kemungkinan pemunduran pengumuman terkait kurang lancarnya pelaksanaan ujian nasional di tingkat SMA/MA sederajat, dimungkinkan tidak akan terjadi karena Kemdikbud menegaskan terkait pengumuman ujian nasional (UN) 2013 tidak dimundurkan. Apabila pengumuman UN dimundurkan maka akan mempengaruhi bukan hanya pada Pengumuman Snmptn namun juga pada pagelaran Sbmptn.

Disamping wacana pemunduran, wacana pemajuan pun belum terdengar. Lain halnya dengan pengumuman Snmptn tahun 2012 jalur tertulis. Pada tahun tersebut Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dimajukan pada Jumat 6 Juli dari jadwal seharusnya pada 7 Juli 2012. Hal tersebut, karena seluruh prosesnya sudah selesai. Panitia Snmptn tidak menundanya.




Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 menjamin seleksi akan dilakukan secara obyektif menyusul kurang lancarnya pelaksanaan ujian nasional (UN) SMA sederajat pada tahun ini. Ketua Umum Panitia SNMPTN 2013, Prof. Akhmaloka, mengatakan bahwa para siswa yang mendaftarkan diri dalam SNMPTN tidak perlu khawatir dengan hasil UN. Menurutnya, tidak masuk akal apabila seorang anak tidak lulus UN tapi bisa diterima di sebuah PTN karena syarat melanjutkan pendidikan tinggi adalah lulus jenjang pendidikan sebelumnya.

Ia menegaskan : Kalau UN tidak lulus ya tidak bisa diterima di PTN. Logika saja, tidak lulus UN tapi masuk ITB atau UGM. Kan kalau mau masuk universitas harus sudah punya ijazah menengah atas.

Berikut kami sampaikan jadwal kegiatan Snmptn 2013, beserta cara mengakses hasil pengumuman Snmptn pada tanggal 28 Mei 2013.


Jadwal Kegiatan Snmptn 2013


No.Jenis KegiatanTanggal
1 Pengisian PDSS 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013
2 Pendaftaran 1 Februari – 8 Maret 2013
3 Proses Seleksi 9 Maret – 27 Mei 2013
4 Pengumuman Hasil 28 Mei 2013
5 Pendaftaran Ulang 18-19 Juni 2013


Cara Mengakses Hasil Kelulusan Snmptn 2013 di Alamat Panitia Pelaksana:

  • Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman http://www.snmptn.ac.id.
  • Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui http://halo.snmptn.ac.id, dan call center 08041450450.
  • Informasi juga dapat diperoleh dari humas Perguruan Tinggi Negeri terdekat.
  • Alamat Panitia SNMPTN 2013: Direktorat Pendidikan, Gedung Rektorat ITB lantai 4, Jl.Tamansari No.64 Bandung 40116. Telp/Fax. (022) 2530689.


Kita patut bersyukur bahwa kerja keras siswa dalam ujian nasional (UN) 2013 tetap dihargai. Panitia SNMPTN.Percaya tetap pada hasil UN. Sekretaris Panitia Umum SNMPTN 2013, Rochmat Wahab, mengatakan bahwa pihaknya tidak mau ikut pusaran kisruh UN yang masih terus dibicarakan publik. Ia tetap akan fokus pada proses SNMPTN 2013 yang tetap memakai hasil UN sebagai salah satu syaratnya.

Terkait proses kelulusan Snmptn 2013, Sekretaris Umum Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013, Rochmat Wahab, mengatakan bahwa proses seleksi untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihan pertama telah selesai dan sudah ada daftar kandidat nama siswa yang berhak atas pilihan pertamanya. Menurutnya setelah ini, akan dibagikan ke rektor universitas yang menjadi pilihan kedua. Karena masih ada waktu untuk itu.

Kandidat yang terpilih saat ini masih didasarkan pada seleksi nilai raport pada semester satu hingga semester lima. Sementara untuk semester akhir akan ditentukan melalui hasil UN. Dengan demikian, kandidat yang terpilih saat ini bisa saja tergeser posisinya apabila yang bersangkutan tidak lulus UN.

Ketua Umum Panitia SNMPTN 2013, Akhmaloka, membenarkan hal tersebut. Masing-masing universitas telah menentukan kandidat mahasiswa baru dari anak-anak yang memilih universitas tersebut sebagai pilihan pertama. Namun status saat ini hanya sebatas kandidat, sehingga dapat berubah seketika melihat hasil UN. Ia berkeyakinan bahwa kalau nilai siswa semester satu sampai lima bagus, tidak mungkin rasanya tidak lulus UN.

Pihaknya berpesan agar siswa sebaiknya tenang karena pihaknya lakukan berbagai cara agar tidak ada yang dirugikan.

para pengelola Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tampaknya bekerja keras saat ini. Tidak hanya sekadar menyelesaikan pemeriksaan lembar jawab Ujian Nasional (UN), pihak PTN juga tengah sibuk menyeleksi anak-anak yang mendaftarkan diri untuk melanjutkan pendidikan tinggi melalui jalur SNMPTN. Demikian info Pengumuman Hasil Kelulusan Snmptn 2013 untuk kami sampaikan dengan harapan semoga kelulusan siswa lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya, semoga bermanfaat! Amin Ya Rabbal Alamin!

Sumber: Portal Resmi Snmptn dan pengumumansnmptn.com.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PENGUMUMAN HASIL SNMPTN 2013"

Posting Komentar